Senin, 10 Maret 2014

Sambutan Pada Musrenbangprov 2013


LAPORAN KEPALA BAPPEDA PADA MUSRENBANGPROV 2013, 27 MARET 2013


Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahirabbil alamin
Asshalatuwasshala mualaa ashrafil anbiyaaiwal mursalin
Waala aalihi, sahbihi ajmain
Amma bakdu

Yang terhormat, Bapak Mentri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Republik Indonesia
Yang terhormat, Bapak Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, waki Kepala Bappenas Repulik Indonesia
Yang terhormat, Bapak Mentri Dalam Negeri Republik Indonesia, yg diwaikil oleh Bapak Staf Ahli Mentri Bidang….
Yang kami hormati, Bapak Gubernur Nusa Tenggara Barat
Yang kami hormati, Bapak Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat
Yang kami hormati, Bapak/Ibu para anggota DPD dan DPR RI Daerah pemlihan NTB
Yang kami hormati, Bapak Ketua DPRD, Bapak-bapak Anggota Forum Koordiansi Pimpinan Daerah,
Yang kami hormati, bapak-bapak para Bupati/walikota se Nusa Tenggara Barat
Para tokoh masyarakat, tokoh agama, singkatnya hadirin dan hadirat yang berbahagia

 Alhamdulillah wa syukurillah, pada hari ini kita kembali berkumpul di tempat ini, dalam rangka memulai pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Barat yang merupakan acara ritual ceremonial yang setiap tahun kita laksanakan, sebagai implementasi UU no 25 tahun 2004 tentang Sistem perencanaan Pembangunan Nasional. 

Musrenbangprov, adalah sebuah limestone yang harus dilaksanakan, dalam rangka proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun yang akan datang. Tidak lain maksudnya adalah sebagai ajang silaturahmi seluruh pemangku kepentingan pembangunan di daerah ini. 

Forum inilah tempat mendiskusikan berbagai saran pendapat dari berbagai unsur masyarakat, dunia usaha, organisasi atau lembaga non pemerintah, lembaga agama, lembaga budaya, dan seluruh komponen masyarakat lainnya,  terkait dengan rencana kerja pemerintah daerah tahun mendatang.

Tema Musrenbang Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun ini adalah: Perluasan Pembangunan Ekonomi Kreatif dan Industri Olahan Berbasis Infrastruktur Mantap berkelanjutan.

Tema ini merupakan abstraksi dari visi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nusa Tenggara Barat 2005-2025, dimana tahun 2014 adalah tahun pertama pelaksanaan fase ke tiga dari RPJP tersebut.  Tahun 2014 adalah pelaksanaan tahun pertama RPJMD NTB 2014-2018.

Menurut penjabaran dari RPJP NTB 2005-2025 tersebut, pada fase ketiga yang akan datang ini, konsentrasi pembangunan sudah mulai mengarah ke proses industrialisasi dan perluasan pemasaran hasil; tidak lagi terkonsentrasi pada aspek peningkatan produksi bahan baku.  Tema ini juga kami tetapkan dengan mempertimbanngkan bahwa dalam lima tahun terakhir ini, yakni dalam pembangunan NTB 2009-2013, banyak keberhasilan telah diraih, baik di bidang pembangunan sumberdaya manusia, pembangunan ekonomi dan infrastruktur, serta dalam mengelola lingkungan hidup.  Hampir seluruh indikator yang tertera dalam RPJMD NTB 2009-2013 telah dapat diraih.  Keberhasiln tersebut, menjadi modal dasar yang strtaegis, untuk mengayunkah langkah pembangunan ke fase berikutnya, yaitu mencapai NTB yang lebih maju dan lebih sejahtera.

Bapak Gubernur serta hadirin yang berbahagia;

Ijinkan saya melaporkan dalam kesempatan ini, bahwa yang kami undang untuk memberikan pemaparan pada musrenbang tahun ini, selain dari Kementrian Dalam Negeri dan kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional, juga Bapak Mentri Percepatan pembangunan daerah tertinggal,  kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Keshatan, kementrian perhubungan, kementrian Pekerjaan Umum, dan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.  Pemaparan dari berbagai kementrian tersbut diharapkan akan dapat memperkaya bahasan dan dokumen perencanaan yang akan menjadi hasil dari Musrenbang kali ini.  Atas perkenan bapak/ibu sekalian untuk memenuhi undangan kami sebagai narasumber dalam musrenbangprov ntb 2013 ini, kami ucapkan terima kasih.

Selaku panitia penyelenggara, kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh hadirin hadirat sekalian yang telah memenuhi undangan kami.  Tak lupa kami juga memohon maaf yang sebesar-besarnya, manakala dalam penyelenggaraan musrenbang ini terdapat hal-hal yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian.  Termasuk di dalamnya, perubahan jadwal pembukaan musrenbang kali ini. 

Kepada Gubernur Nusa Tenggara Barat, Bapak Dr. Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zainul Majdi kami mohon dapat memberikan sambutan dan sekaligus membuka Musrenbang secara resmi.  Selanjutnya, kami mohon perkenan Bapak Mentri PDT, Mentri Dalam Negeri, dan Bapak Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, untuk memberikan pengarahan.

Selanjutnya akan ada presentasi dari Bapak-Bapak Pejabat Eselon satu dari berbagai kementrian, segera setelah usai upacara pembukaan ini.  Sekali lagi kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para narasumber dan juga kepada para peserta musrenbang 2013 ini.  Terkahir, ijinkan saya mengutip orang bijak yang menyatakan bahwa: Perencanaan yang baik adalah setengah dari keberhasilan; namun keberhasilan yang setengah-setengah, konon sama dengan kegagalan.  Kehadiran kita kali ini, sudah pasti bukan untuk merancang kegagalan, namun untuk menggapai keberhasilan.  Dan keberhasilan itu, pasti akan kita gapai, manakala ada ikhtiar yang sungguh-sungguh dan berkelanjutan.

Wallhul muwafiq wal hadi ilaasyabilirrosyad

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar